Announcement : Pengertian, Tujuan, Jenis, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Announcement : Pengertian, Tujuan, Jenis, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Dalam kehidupan sehari hari pasti kita
sering menemukan produk dari functional text seperti iklan, pengumuman
dan lainnya. Dalam bahasa Inggris terdapat functional text yang sering
di pakai dan ditemui yaitu, Pengumuman atau bahasa Inggrisnya disebut
dengan Announcement. Pada kesempatan ini IBI akan membahas tentang Announcement, mari kita simak bersama tentan penjelasannya.

Pengertian Announcement
Announcement
adalah pernyataan (pemberitahuan resmi) dalam bentuk lisan atau tulis
yang berisi sesuatu untuk di ketahui oleh semua orang. Namun, tidak
semua orang yang mendengar atau membaca pengumuman tersebut
berkepentingan atas pengumuman tersebut. Pengumuman dapat kita dengar
atau baca dimana saja, misalnya pengumuman lisan disekolah atau di
tempat-tempat umum, sedangkan pengumuman tertulis dapat kita baca di
papan pengumuman, di majalah, dan di koran.
Jenis Announcement
- Pengumuman orang hilang
- Berita Duka
- Berita pernikahan, ulang tahun, peresmian dan kelahiran
- Pengumuman Pemenang
- Lowongan pekerjaan
- Iklan
- Laporan kegiatan /acara
- Pemberitahuan/ himbauan dari pemerintah
Tujuan Announcement
“The purpose is to inform the
announcement text information about an event, job vacancies, new
enrollment, new admissions, and so on”. Tujuan announcement text
adalah untuk memberitahukan informasi tentang sebuah acara, Lowongan
pekerjaan, penerimaan murid baru, penerimaan mahasiswa baru, dan
sebagainya dengan memberikan informasi yang berbentuk formal kepada
masyarakat umum atau masyarakat tertentu (To give a formal written notice of certain events).
Generic Structure Announcement
1. Title: Ini adalah bagian yang paling penting karena mewakili isi keseluruhan dari pengumuna tersebut. Meski begitu kadang tidak disebutkan dengan jelas.Bagian-bagian Announcement
- Judul atau jenis kejadian (The title/type of event)
- Tanggal dan waktu (date and time)
- Tempat (place)
- orang/alamat yang dapat dihubungi (contact person/address)
Contoh Announcement
- Pengumuman orang hilang

Advertisement : Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Advertisement : Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Functional texts dapat mencakup segala sesuatu dari bagaimana-untuk instruksi pada website do-it-yourself manual produk untuk kulkas Anda. Contoh lain termasuk brosur, Menu, jaminan, direktori, bentuk untuk mengisi, tanda-tanda, resep, dan bahkan transportasi jadwal.
Sala satu functional text yang sering kita teui adalah Advertisement
(Periklanan). Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang
Advertisement (Periklanan), mari kita simak bersama.

-
Pengertian Advertisement (Periklanan)
Advertisement
(Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk
mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu
produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi
dengan pengguna produk atau layanan. Iklan yang dibayar oleh orang-orang
yang mengirim mereka dan dimaksudkan untuk memberitahu atau
mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.
Advertisement selalu hadir, meskipun
orang-orang mungkin tidak menyadari hal itu. Dalam dunia sekarang ini,
iklan menggunakan setiap media yang mungkin untuk melewati pesannya. Hal
ini melalui televisi, cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio,
siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes,
sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan
orang-orang (endorsements).
2. Tujuan Advertisement (Periklanan)
- Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
- untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
- Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
- Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
- Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
- Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.
3. Jenis Advertisement (Periklanan)
Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom
2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan Display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.
4. Ciri Advertisement (Periklanan)
Advertisement iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:- Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
- Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
- Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
- Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)
- Purpose (tujuan)
- Name of product (Nama Produk)
ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?
- User (pengguna)
Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?
6. Contoh Advertisement (Periklanan)


yaallah bermanfaat banget
BalasHapus